7 Makanan Legendaris Khas Bandung Yang Selalu Laku Keras!

Asyiknya jajan pinggir jalan! Kalo lagi jalan-jalan kuliner dimana saja, jangan sampai lupa nyobain street food khas Bandung yang bikin lidah senang! Ada tujuh jajanan legendaris yang harus kamu coba. Yuk nyicipin kenikmatan kuliner pinggir jalan yang banyak bikin orang ketagihan!

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Cimol

cimol

Jangan sampai kamu melewatkan jajanan pinggir yang satu ini! Cimol adalah cemilan khas Bandung yang rasanya sangat enak dan menggugah selera. Isiannya terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng hingga kriuk-kriuk di luar dan lembut di dalam. 

Cimol ini biasanya disajikan dengan taburan penyedap rasa dan bubuk cabe yang memberikan sensasi pedas dan gurih yang bikin makin ketagihan. Gurih dan renyahnya cimol akan membuat kamu merasa senang dan puas!

2. Siomay

siomay

Siomay adalah salah satu jajanan street food yang paling disukai oleh banyak orang, terutama di Bandung. Siomay terdiri dari potongan-potongan makanan seperti bakso ikan, tahu, kentang, telur, dan sayuran yang dikukus hingga matang dan lembut. 

Siomay Bandung ini disajikan dengan saus kacang yang khas yang rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas. Siomay Bandung ini sangat nikmat dan lezat untuk dijadikan menu makan siang yang bikin kenyang dan puas!

3. Cilok

cilok

Cilok adalah jajanan pinggir yang juga wajib kamu coba saat berkunjung ke Bandung. Cilok adalah singkatan dari aci dicolok, yaitu bola-bola tepung aci yang ditusuk dengan tusukan bambu. Cilok ini berbeda dengan cimol yang digoreng, karena cilok ini diolah dengan cara dikukus sehingga teksturnya lebih kenyal dan lembut. 

Cilok ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus sambal yang menambah cita rasa. Cilok ini sangat seru untuk dinikmati, karena kekenyalan cilok akan membuat lidah kamu ikutan senang dan bergoyang!

4. Cireng

cireng

Salah satu makanan kaki lima yang akan membuatmu ketagihan adalah cireng. Cireng ini dibuat dari adonan tepung beras yang digoreng hingga pipih. Tidak hanya itu, cireng juga ada yang dengan bumbu rujak ataupun ada juga yang sering diisi dengan beragam bahan seperti ayam suwir, abon, atau keju. 

Kamu harus mencoba cireng dengan isian, karena rasanya lebih lezat dan pasti membuatmu ketagihan! Penasaran ingin mencicipinya?

5. Batagor

batagor

Salah satu hidangan kaki lima yang legendaris di Bandung adalah batagor. Batagor, singkatan dari "baso tahu goreng", terdiri dari bakso ikan yang digoreng hingga renyah, tahu, serta disajikan dengan sambal kacang yang lezat. Kombinasi rasa gurih dan tekstur kenyalnya membuat batagor menjadi favorit di antara banyak orang! Tidak dapat dipungkiri betapa nikmatnya hidangan yang satu ini.

6. Seblak

Seblak

Bagi pecinta makanan pedas, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba seblak! Makanan pinggir jalan yang satu ini terkenal dengan tingkat kepedasannya yang menggigit. Seblak terbuat dari kerupuk yang dihidangkan dengan kuah hangat dari cabe dan berbagai macam bumbu yang khas. 

Rasanya yang unik dan pedas membuat seblak menjadi pilihan yang sempurna bagi para penikmat makanan pedas seperti kamu! Jadi, jangan ragu untuk mencicipinya!

7. Martabak manis

Martabak manis

Sebagai penutup, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi martabak manis khas Bandung! Martabak manis ini dibuat dengan adonan yang lembut dan memiliki rasa yang manis. Tersedia dalam berbagai pilihan topping seperti cokelat, keju, kacang, atau meses.

Selain itu, kamu juga dapat memilih apakah ingin martabak manis dengan kulit tipis atau tebal. Kombinasi rasa yang lezat dan tekstur yang lembut menjadikan martabak manis sebagai camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. 

Rasanya yang legit dan nikmat akan memanjakan lidahmu dan membuatmu ketagihan untuk selalu mencicipinya!

Itulah tujuh makanan legendaris yang wajib kamu rasakan saat berburu street food! Pastikan lidahmu merasakan semua kelezatan yang tersaji dan semoga perjalanan kulinermu penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan yang tak tergantikan!

Lebih baru Lebih lama