Cara Memasak Rawon Khas Surabaya Jawa Timur

Cara memasak rawon

Rawon adalah makanan khas dari Surabaya, Jawa Timur. Makannya terkenal karena warnanya hitam pekat, wanginya enak bener, dan rasanya kuahnya lezat banget. Rawon itu sup daging yang bumbunya spesial dan pake bahan utama daging sapi yang dimasak dalam kuah pekat hitam. Kuah Rawon ini dibuat dari rempah-rempah seperti kluwek, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kencur, dan aneka rempah lainnya. 

{getToc} $title={Table of Contents}

Biasanya Rawon Surabaya disajikan dengan nasi putih, tauge, telur asin, dan sambal terasi sebagai pelengkapnya. Kadang-kadang ada variasi yang ditambahin dengan emping melinjo, irisan daun bawang, sama irisan mentimun buat bikin makin enak dan segar makanannya. 

Yang bikin Rawon Surabaya unik banget adalah pake kluwek, yang bikin kuahnya hitam dan memberi rasa yang khas dan gurih. Kluwek juga bikin kuahnya pekat dan enak meresap. Masak Rawon itu butuh kesabaran ya, soalnya daging sapinya butuh dimasak lama supaya empuk dan bumbunya meresap banget. Itu yang bikin rasanya enak dan tekstur dagingnya lembut. 

Rawon Surabaya ini populer banget dan banyak dijual di warung-warung makan atau restoran di Surabaya. Bagi para pencinta kuliner, makanan ini sering jadi pilihan favorit buat ngalamin cita rasa khas dari Surabaya. Nah, ini dia info tentang resep Rawon Surabaya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong menjadi potongan kecil 
  • 3 sendok makan minyak goreng 
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • 1 ruas jari jahe, geprek
  • 3 lembar daun bawang, iris tipis 
  • 2 sendok makan air asam jawa 
  • 2 sendok makan kecap manis 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh merica bubuk 
  • 1/2 sendok teh terasi, sangrai 
  • 1 buah kluwek, rendam dalam air panas dan ambil isinya 
  • 1 liter air

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih 
  • 4 butir bawang merah 
  • 3 buah kemiri, sangrai

Pelengkap:

  • Nasi putih 
  • Tauge, seduh dengan air panas 
  • Telur asin 
  • Sambal terasi 
  • Daun bawang iris 
  • Mentimun iris

Cara membuat:

  1. Panasin minyak di panci, tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan jahe sampe harum. 
  2. Masukin daging sapi, aduk rata sampe daging berubah warna. 
  3. Tambahin air, air asam jawa, kecap manis, garam, merica bubuk, terasi, dan kluwek yang udah dikeluarnin isinya. Aduk rata. 
  4. Masak Rawon pake api kecil sampe daging empuk dan kuah kental, sekitar 2-3 jam. Kadang-kadang diaduk dan cek tingkat empuknya daging. 
  5. Setelah daging udah empuk dan kuah kental, cicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera lo. Tambahin garam or kecap manis kalo perlu. 
  6. Sajikan Rawon Surabaya dengan nasi putih, tauge, telur asin, sambal terasi, irisan daun bawang, dan irisan mentimun buat pelengkapnya.

Catatan Memasak:

  • Pilih daging sapi yang oke dan lemaknya gak berlebihan. 
  • Potong daging jadi potongan kecil biar gampang dimasak dan meresap bumbunya. 
  • Sebelum dimasak, rendam kluwek di air panas sebentar biar mudah ambil isinya. Ambil isinya dengan hati-hati, hindari kulit kluwek yang keras ya. 
  • Panggang terasi dulu sebelum digunakan biar bau amisnya ilang dan jadi wangi. 
  • Geprek dulu bumbu serai, lengkuas, dan jahe sebelum dimasukin ke rebusan biar aromanya keluar dan rasa rempah-rempahnya lebih kenceng. 
  • Pastikan kuah Rawon pekat dan kental dengan memasaknya cukup lama. Kalau kuahnya terlalu encer, rebus dengan api kecil dan jangan tutup pancinya biar kelembapannya berkurang.

Semoga resep ini cukup jelas dan bisa membantumu untuk membuat Rawon khas Surabaya. 

Lebih baru Lebih lama