Cara Membuat Klepon Anti Bocor

cara membuat klepon

Klepon tuh kue tradisional Indonesia yang terkenal banget! Terbuat dari tepung ketan, bentuknya bulat kecil dan diisi gula merah cair. Kuenya dikukus sampe matang, lalu ditaburi kelapa parut. Klepon punya rasa manis gula merah yang leleh dan tekstur kenyal dari ketan yang dikukus. 

{getToc} $title={Table of Contents}

Biasanya, klepon sering muncul di acara-acara spesial kayak lebaran, pernikahan, atau acara keluarga. Kue ini cita rasanya khas Indonesia dan dianggap camilan tradisional yang enak dan bikin kenyang. 

Bagi banyak orang, klepon bukan cuma kue biasa, tapi juga jadi simbol budaya dan kenangan indah masa kecil. Rasanya yang unik dan proses pembuatannya yang khusus bikin klepon ini istimewa dan terkenal di Indonesia.

Nama "klepon" itu muncul dari suara "klepot" pas gula merah di dalamnya pecah pas digigit. Klepon biasanya berwarna hijau karena pake daun pandan. Klepon klasik rasanya didominasi gula merah, tapi sekarang ada variasi rasa lainnya, seperti cokelat, keju, atau stroberi.

cara membuat klepon

Klepon, Wajik, dan Bubur Candil tuh kue-kue kampung yang punya pesan moral menurut filosofi Jawa. Bikin klepon harus sabar, gigih, dan hati-hati. Kalau asal bikinnya, bisa meletus atau bocor waktu direbus. Artinya, buat hasil yang bagus, perlu kerja keras dan kesabaran. 

Pesan moralnya juga muncul pas makan klepon. Kalo ngunyahnya ga hati-hati, gula merahnya bisa nyiprat dan belepotan di muka orang. Maknanya, harus hati-hati sama kata-kata karena mulut bisa jadi harimau. Nah, kalo kamu mau bikin sendiri klepon, ini adalah resepnya:

Bahan untuk 20-25 buah:

  • 250 gr tepung ketan (bisa giling sendiri atau beli yang jadi) 
  • 1/4 sdt garam 
  • 1/2 sdt air kapur sirih (atau 1/4 sdt soda kue) 
  • 50 ml air daun suji (atau 10 buah daun pandan wangi, diiris halus dan di-blender dengan 50-100 ml air dingin) 
  • 3 sdm gula merah, disisir halus 
  • 75-125 ml air hangat 
  • 100 gr gula merah, diiris halus 
  • 150 gr kelapa muda, diparut (atau 75 gr kelapa parut kering dicampur dengan 75 gr santan kental, dikukus) 
  • 75 ml santan kental (kalau pakai kelapa parut kering) 
  • Tambahkan garam secukupnya.

Cara membuat:

cara membuat klepon

Cara membuat pewarna hijau alami: 

  • Cuci bersih daun suji atau daun pandan wangi, potong atau iris halus, masukkan ke blender. 
  • Tambahkan 50 ml air dingin, blender sampai halus. 
  • Saring larutan hijau pandan dengan saringan santan untuk mendapatkan pewarna alami. 

Untuk adonan klepon: 

  • Campur tepung ketan, garam, air kapur sirih, dan pewarna hijau dalam wadah besar. 
  • Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. 
  • Sisir gula merah halus. 
  • Ambil sejumput adonan, bentuk bulat pipih, beri gula merah, lalu rapatkan. 
  • Rebus klepon dalam air mendidih dengan daun pandan hingga matang dan mengapung. 
  • Tiriskan dan gulingkan klepon dalam kelapa parut. 
  • Klepon siap disajikan panas atau dingin.
Tips buat kamu kalau gak punya daun suji atau daun pandan wangi, bisa pakai pewarna hijau aja. Tambahin vanili untuk wanginya, terutama kalau pake tepung ketan yang udah jadi biar gak bau atau berasa tepung. Selamat nyobain dan semoga berhasil!

Lebih baru Lebih lama