Cara Membuat Pempek Khas Palembang Super Enak dan Nikmat

Pempek adalah makanan khas dari Kota Palembang, Sumatera Selatan. Udah dari zaman dulu dan jadi makanan top markotop di Indonesia. Bahan utama Pempek itu dibikin dari campuran ikan, tepung sagu, sama bumbu-bumbu lainnya. Biasanya pake ikan Belida atau ikan Tenggiri, biar dapet rasa khasnya Pempek Palembang.

pempek palembang

{getToc} $title={Table of Contents}

Ada beberapa jenis Pempek, ada Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Adaan, sama Pempek Kulit. Bentuk dan teksturnya beda-beda, tapi semua tetep bikin lidah bergoyang. Nah, kuah cuko yang disajikan bareng Pempek memberikan rasa pedas, manis, dan asam, pokoknya bikin nagih.

Pempek itu makanan favorit di Palembang yang populernya menjalar ke seluruh Indonesia. Rasanya yang lezat juga sampai ke luar negeri, lho. Restoran Indo yang ada di negara Asia Tenggara dan Belanda banyak yang menyajikan Pempek sebagai menu istimewa mereka.

Katanya, resep asli Pempek Palembang itu pakai ikan Belida, bukan ikan Tenggiri. Kalo gak percaya, coba aja tanya sesepuh Palembang. Ikan Belida ini terkenal gara-gara dagingnya yang lembut, kenyal, tapi gak bau amis. Berhubung Ikan Belida sudah langka di Indonesia maka orang beralih ke Ikan Gabus dan Ikan Tenggiri. Kabar baiknya di beberapa negara lain justru Ikan Belida malah lebih mudah didapat. Jadi, kalau buka restoran pempek diluar negeri lebih irit ongkos.

OK sekian dulu seminar tentang proses pembuatan Pempek. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan:

Bahan Pempek:

  • 600 gr daging ikan belida, ikan gabus, atau ikan tenggiri segar 
  • 50 ml air es 
  • 100 gr tepung terigu 
  • 175 gr tepung tapioka berkualitas atau tepung sagu tani 
  • 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam (opsional) 
  • 2 sdt garam

Buat Cuko:

  • 300 gr gula aren atau gula kelapa, iris halus
  • 50 gr asam jawa 
  • 1 sdm cuka 
  • 750 ml air 
  • 5 siung bawang putih, tumbuk sama kulitnya (kulit jangan dibuang) 
  • 2 sdm ebi/udang kering, haluskan (rendam dalam air panas 20 menit supaya mudah dihaluskan) 
  • 15 cabe rawit hijau, tumbuh sama batangnya
  • 1 sdm tongcai, cincang halus (ganti dengan daun bawang lokio atau daun kucai jika tak ada) 
  • 1 sdt garam

Cara Membuat:

Cara membuat pempek:

  • Potong2 daging ikan jadi lebih kecil, halusin pakai saringan, blender, atau food processor. 
  • Campur bubur ikan sama air es dan garam, aduk sampe lengket. (Kalo pake blender, masukin potongan daging ikan sama 50 ml air es, blender sampe halus). 
  • Tambahin tepung terigu sama tepung sagu/tapioka, ulenin terus sampe adonan ga lengket di tangan.
  •  Tes dulu rasa Pempek sebelum dibentuk dan direbus semua. Caranya ambil secuil adonan, bulatin kyk bakso, rebus sampe mengapung. Coba rasa, udah pas apa belom. Klo perlu tambahin garam aduk lagi adonan sampe dapet rasa yang pas. (Langkah ini penting karena klo Pempek kurang asin atau hambar sesudah direbus, ga bisa diperbaiki lagi). 
  • Bentuk adonan sesuai selera, misalnya bentuk tak beraturan alias Pempek Cetotan, bulat gepeng (Pempek Dadar), atau bentuk silinder (Pempek Lenjer). 
  • Masukin adonan dalam air mendidih, masak sampe matang dan mengapung di atas air. Tiriskan.

Cara membuat cuko:

  • Haluskan bawang putih, ebi, cabai rawit, sama garam. Pisahin.
  • Rebus gula merah, asam jawa, air, sama cuka, angkat, lalu saring.
  • Tambahkan bahan halus tadi, rebus lagi.
  • Masukin tongcai, lalu angkat dari kompor.

Cara Penyajian:

pempek palembang

  • Goreng pempek sampe garing dan jadi warna kecoklatan.
  • Potong-potong pempek goreng, taro di mangkuk.
  • Kalau suka, tambahin mie kuning sama soun yang udah direbus.
  • Siram pake kuah cuko.
  • Campurin mentimun yang udah diiris-iris. Sajikan langsung.
Selamat mencoba resep ini ya, silakan koment kalo hasilnya enak. 

Tips:

Beli ikan langsung dari tempat jual ikan segar di supermarket. Jangan pernah pake ikan atau filet ikan yang udah dibekuin dalam kemasan. Meskipun dibekukan dengan baik, ikan tetep ga bakal jadi adonan yang bagus.

Tambahin air es ke adonan ikan, itu bikin adonannya lebih kenyal, tapi daging ikan yang udah menyerap es dari proses pembekuan jadi bikin adonan jadi berantakan, berkerut, atau bahkan gumpalan-gumpalan pas udah digiling. Adonan kaya gini ga bakal nyampur merata waktu diulen dan bentuknya bisa jadi kacau abis pas dimasak. Ga percaya??!! Coba aja sendiri deh.

Jangan terlalu lama-kali diaduk atau diulen-in biar adonannya ga kepanasan dan cepet mengeras.

Lebih bagus lumurin tangan dengan sedikit minyak ketimbang pake tepung buat bentukin Pempeknya, biar adonannya ga terlalu banyak tepung dan malah bikin pempeknya semakin keras.

Lebih baru Lebih lama