Resep Coto Makassar Asli dan Enak

    Coto Makassar adalah makanan tradisional dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sudah dari dulu menjadi bagian penting dari budaya makan-makan di daerah itu. Biasanya, Coto Makassar terbuat dari bagian daging sapi yang macem-macem, kayak perut, limpa, dan peparu. Daging-daging ini direbus sampe lama banget biar teksturnya lunak dan kenyal.

coto makassar

{getToc} $title={Table of Contents}

Salah satu hal yang bikin Coto Makassar beda adalah kuahnya yang kental dan gurih. Kuahnya itu berasal dari rebusan daging sapi yang dicampur sama rempah-rempah yang punya cita rasa melimpah. Pas Coto Makassar dimasak, wangi rempah-rempahnya tuh bisa nyebar dan langsung bikin ngiler. Bau kuah yang enak gini bisa langsung bikin perut keroncongan!

Dulu sih, Coto Makassar cuma terkenal di Makassar aja. Tapi sekarang, makanan berkuah kental dan gurih ini udah bikin banyak orang jatuh cinta! Jadinya, sekarang bisa deh kita nikmati lezatnya Coto Makassar di restoran atau warung makan yang nyediain masakan khas Sulawesi. Enak banget, setelah nyari di google resepnya ternyata juga gak ribet. Nah, buat kamu yang pengen bikin sendiri di rumah, berikut resep Coto Makassar yang gampang dan enak abis!

Bahan-bahan 

Bahan utama untuk membuat coto Makassar terdiri dari: 

  • 350 g daging sapi, potong dadu 
  • 350 g paru sapi, potong dadu 
  • 1 Liter air 
  • 900 g kacang tanah 
  • 1 bawang bombai 
  • 3 siung bawang merah 
  • 9 siung bawang putih, haluskan 
  • 2 batang daun bawang, potong 2 
  • 3 batang serai, memarkan 
  • 3 cm lengkuas, memarkan 
  • 2 buah jeruk nipis 
  • 1 sdt jinten, tumbuk halus 
  • 2 sdm Tauco
  • 1 sdt Garam, 
  • 1 sdt Gula 
  • 1 ½ sdt Merica 
  • bawang goreng 

Sambal tauco: 

  • 150 g Tauco 
  • 100 ml Air 
  • 8 buah cabai rawit merah 

Pelengkap : 

  • Ketupat 
  • Bawang goreng 
  • Daun bawang 

cara membuat

  1. Persiapan bumbu: Haluskan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan minyak sampai lembut.
  2. Hancurkan kacang tanah yang telah digoreng menggunakan blender, tingkat kehalusan kacang disesuaikan dengan selera.
  3. Tambahkan lengkuas, serai, jintan, dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk rata sampai harum.
  4. Masukan daging, lalu tuangkan air, rebus sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan  paru sapi di dalamnya.
  6. Masukkan kacang dan tauco ke dalam rebusan, rebus hingga daging mulai matang.
  7. Berikan garam, lada, dan gula sesuai selera.
  8. Rebus hingga kuah berkurang dan mulai mengental.
  9. Sajikan, lalu taburkan irisan daun bawang, bawang goreng, dan air jeruk nipis saat disajikan.
  10. Hidangkan dengan ketupat dan sambal tauco.

cara membuat Sambal tauco:

Blender bumbu tauco bersama cabe rawit dan sedikit air.

    Begitulah resep coto Makassar asli yang khas dan enak penuh rempah. Mudah-mudahan info ini bermanfaat dan semoga lancar nyobainnya. Yuk, cek resep makanan lainnya di blog ini.

Lebih baru Lebih lama