Resep Mie Aceh Lengkap Dan Nikmat


Mie Aceh adalah salah satu makanan khas Indo yang memang aslinya dari Aceh. Nah, yang bikin Mie Aceh beda dari mie lainnya tuh rasanya yang pedes nampol. Biasanya di mie ini dicampur cabe rawit biar dapet rasa pedes yang nendang dan kerasa banget dibibir.

{getToc} $title={Table of Contents}

Mie Aceh ada dua jenis utama, yaitu Mie Aceh Goreng dan Mie Aceh Kuah. Mie Aceh Goreng tuh mie yang digoreng pake bumbu Aceh yang spesial, sedangkan Mie Aceh Kuah disajikan pake kuah kental yang banyak rempah-rempah.

Mie Aceh biasanya dihidangkan dengan banyak daging. Ada yang pake daging sapi, ada juga yang pake daging kambing, atau kadang dua-duanya. Terus, mie yang dipake juga lebih tebel dan teksturnya juga kenyal banget.

Bumbu-bumbu yang dipakai di Mie Aceh itu terdiri dari rempah-rempah yang spesial. Beberapa rempah yang sering dipakai antara lain bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, jahe, serai, kayu manis, dan pala. Gabungan rempah-rempah ini yang bikin aromanya dan rasanya unik banget.

Yuk, buat yang penasaran, coba deh nyobain Resep Mi Aceh yang satu ini.

Bahan untuk 4 Porsi

  • 400 gr mi basah kuning atau 200 gr mi kuning kering 
  • 200 gr daging sapi
  • 200 gr udang, udah dikupas 
  • 100 gr daun kol, diiris tipis-tipis 
  • 100 gr taoge, kalau mau dan ada waktu bisa cabutin akarnya
  • 2 batang daun bawang, dipotong miring 1 cm 
  • 1 buah tomat, dipotong-potong 
  • 2 batang seledri, dicincang halus 
  • 3 sdm kecap manis 
  • Minyak goreng secukupnya buat menumis 

Bumbu yang diiris halus: 

  • 5 buah/50 gr bawang merah 
  • 3 siung/9 gr bawang putih 

Bumbu yang dihaluskan: 

  • 5 buah/50 gr cabe rawit merah (buang bijinya kalau nggak suka pedas) 
  • 6 buah/60 gr bawang merah 
  • 4 siung/12 gr bawang putih 
  • 4 butir kapulaga 
  • 2 cm/6 gr kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk 
  • 1 sdt jintan atau 1/2 sdt jintan bubuk 
  • 1 sdt merica butir atau 1/2 sdt merica bubuk 
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Membuat:

  • Kalau pakai mi kering, direbus aja sampe lembut sesuai petunjuknya. Terus dibilas pake air dingin. Tiriskan sampai ga ada airnya. 
  • Kupas kepala udang dan buang kulitnya. Cuci bersih dan ditiriskan. 
  • Potong daging sapi jadi irisan tipis. Pisahin dulu. 
  • Potong daun kol dan daun bawang sesuai selera atau petunjuknya. Sisihkan juga. 
  • Siapkan bumbu yang dihaluskan pake cobek atau blender. (Kalo perlu tambahin dikit minyak biar gak terlalu susah di-blend). Kalo make blender, halusin dulu kapulaga sama mericanya satu-satu terus campurin ke bumbu yang mau diblender. 
  • Tumis bawang merah sama bawang putih iris sampai layu dan wangi. 
  • Masukin bumbu halus. Terus tumis sambil diaduk sampe bumbunya mateng banget (sekitar 3-5 menit). 
  • Masukin irisan daging sapi. Aduk-aduk sampe dagingnya matang dan berubah warna. 
  • Masukin udang kupas. Aduk-aduk sampe warnanya berubah. 
  • Tambahin 150 ml air panas. Masak pake api sedang sampe dagingnya empuk dan kuahnya berkurang/hampir habis.
  • Masukin irisan daun kol sama daun bawang. Aduk-aduk sebentar sampe layu. 
  • Masukin mi sama kecap manis. Kecilin api, sambil diaduk biar merata. 
  • Dicicipin, tambahin garam sesuai selera. 
  • Terakhir, masukin taoge, irisan tomat, sama seledri yang udah dicincang. Aduk sampe rata, terus langsung diangkat dari api. 
  • Sajikan mi panas dengan acar mentimun, emping goreng, dan cabe rawit kalo suka pedas.
Selamat menikmati Mie Aceh!

Lebih baru Lebih lama