Resep Soto Lamongan Yang Gurih dan Lezat

 Soto Lamongan adalah hidangan khas dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Namun, popularitasnya telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Soto Lamongan biasanya menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Daging ayam yang digunakan bisa berupa bagian paha, dada, atau ayam utuh yang direbus hingga empuk.

{getToc} $title={Table of Contents}

soto lamongan

Kuah Soto Lamongan memiliki rasa yang gurih dan lezat. Kuah ini biasanya dibuat dari kaldu ayam yang kaya rempah, seperti serai, jahe, daun jeruk, dan bawang putih. Rasanya yang kaya membuat lidah ketagihan.

Ini tuh salah satu soto yang lagi populer dimana-mana. Gampang banget nyarinya di resto atau warung Soto Lamongan yang ada di hampir semua kota besar di Pulau Jawa. Maknyus deh, Soto Lamongan ini! Enak banget dimakan panas-panas sama nasi atau bihun, ditambahin sambel rawit segerrr. 

Nah, catet ya: Aku nyari-nyari dari riset dan baca berbagai buku resep, ternyata ada berbagai versi bumbu Soto Lamongan yang agak berbeda satu sama lain. Ada yang pakai kemiri, ada yang nggak. Terus, ada yang bilang jahe cukup digeprek aja, tapi yang lain bilang harus diulek halus. Setelah aku coba-coba versi yang ini dan itu, menurutku jahe sebaiknya diulek halus. Karena kombinasi jahe, kunyit, dan ketumbar halus itulah yang bikin cita rasanya bener-bener khas soto lamongan. Penasaran nggak? Kalo iya, ayo dicoba sendiri deh! Ini dia resepnya:

Bahan: 

  • 750 gr daging ayam, dibersihkan 
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya 
  • 100 gr sohun, rendam atau rebus dengan air panas hingga lunak, kemudian tiriskan 
  • 2 batang daun bawang, iris memanjang dengan ketebalan 1 cm 
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan 
  • 3 lembar daun salam 
  • 2 lembar daun jeruk purut 
  • 2 cm lengkuas, iris menjadi 2 bagian dan memarkan 
  • 2 cm jahe, memarkan 
  • 3 butir cengkeh 
  • 1 sendok teh bubuk kaldu rasa ayam 
  • 1.5 liter air 
  • 500 ml minyak untuk menggoreng ayam 
  • gula secukupnya 
Bumbu Halus: 

  • 5 buah atau 50 gr bawang merah 
  • 3 buah atau 9 gr 
  • bawang putih 2 cm 
  • jahe 2 cm kunyit atau 1/2 sendok teh kunyit bubuk 
  • 5 butir kemiri, sangrai 
  • 1 sendok makan ketumbar sangrai atau 2 sendok teh bubuk ketumbar 
  • 1 sendok teh merica bubuk garam secukupnya 
Bahan Pelengkap & Taburan: 

  • 2 lembar daun kol putih atau kobis, diiris halus 
  • tauge, bersihkan 
  • 2 butir telur rebus, belah dua atau empat 
  • 2 sendok makan bawang merah goreng 
  • seledri, iris halus (jika diinginkan) 
Sambal Rawit, campur: 

  • 10 buah cabe rawit merah, rebus, haluskan 
  • 50 ml kuah soto

Cara Membuat:

  • Rebus aja 1.5 liter air sama lengkuas, satu lembar daun salam, dan dikit garam.
  • Kalo udah mendidih, kecilin api. Masukin ayam, masak sampe ayamnya lunak. Angkat dan tiriskan. 
  • Halusin bumbu halus pake ulekan atau blender. Kalo perlu tambahin minyak dikit buat bantu proses penghancuran. 
  • Panasin minyak, tumis bumbu halus sama lengkuas, serai, daun jeruk purut, and daun salam sampe bumbunya mateng dan enak baunya. (Bumbunya udah mateng kalo teksturnya mengental dan warnanya agak berubah jadi agak oranye). 
  • Masukin bumbu halus ke dalam kaldu ayam (panci buat rebus ayam). 
  • Tambahin air jeruk nipis, bubuk kaldu ayam, dan cengkih. 
  • Masak kuahnya pake api sedang sampe mendidih. 
  • Cicipi deh. Tambahin garam dan gula sesuai selera. 
  • Terakhir masukin irisan daun bawang. Angkat dari api. 
  • Goreng ayamnya pake minyak panas sampe kecoklatan, trus angkat dan suwir-suwir.
Cara Penyajian:

  • Ambil mangkok, letakkan sohun, suwiran ayam, irisan kol, dan tauge.
  • Siram dengan kuah soto yang lezat.
  • Tambahkan telur dan taburi dengan bawang merah yang digoreng garing.
  • Sajikan dengan hangat dan tambahan sambal rawit yang pedas.

Catatan:
  • Masukkan ayam ke dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang agar sari ayam menyatu dengan kuah dan menghasilkan cita rasa yang lebih lezat.
  • Dengan teknik ini, kamu juga akan mendapatkan kaldu yang transparan dan lemak ayam tidak akan mengapung di permukaan air.
  • Kemiri memberikan kelezatan pada kuah soto, namun akibatnya kuah bisa terlihat agak keruh. 
  • Jika perlu, kamu bisa menyaring kuah soto menggunakan saringan santan untuk mendapatkan kuah yang lebih jernih. (Tips: Lakukan penyaringan sebelum menambahkan irisan daun bawang).
  • Pastiin bumbu ditumis sampe mateng dan wangi banget sebelum dimasukin ke kuah supaya kuahnya nggak hambar dan sotonya bener-bener enak.
Itu resep buat soto ayam Lamongan yang enak banget dan sederhana. Mudah-mudahan resep ini bisa nambah ilmu masak kamu, dan juga bisa nambah pilihan menu buat keluarga. Coba sendiri deh...

Lebih baru Lebih lama