Sebagian Besar Ada di Asia! Ini Dia 10 Makanan Paling Beracun di Dunia.

Halo sobat, sebagai pencinta kuliner, aku yakin kita semua suka mencoba makanan baru kan? Nah, meskipun menantang, kita harus berhati-hati karena beberapa jenis makanan bisa sangat berbahaya jika salah mengolah atau mengonsumsinya.

Berdasarkan penelitian dan pengalamanku, ada 10 jenis makanan yang perlu kamu waspadai karena bisa berakibat fatal jika salah mengonsumsinya. Simak baik-baik ya, biar kita semua bisa menikmati makanan dengan aman.

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Almond Pahit 


Almond pahit yang belum diproses mengandung racun sianida. Hanya 7-10 biji saja sudah bisa mematikan anak kecil, sementara 12-70 biji bisa membunuh orang dewasa! Racun sianida ini bekerja dengan menghambat sel tubuh untuk menggunakan oksigen, yang akan mengakibatkan kematian dalam hitungan menit.

Pastikan selalu membeli almond manis yang aman, dan hindari produk almond mentah. Almond pahit hanya boleh dikonsumsi setelah melalui proses pemanasan atau perendaman agar sianidanya terbuang.

2. Jamur Liar


Aku sangat menyarankan untuk tidak pernah memakan jamur liar tanpa memastikan jenisnya. Beberapa spesies beracun seperti death cap bisa menyebabkan kerusakan organ dalam dan bahkan kematian dalam 2-3 hari. 

Racun amatoksin pada death cap akan menyerang hati dan ginjal, yang akan berujung pada kegagalan organ. Tanpa transplantasi liver, korban death cap biasanya tidak terselamatkan.

Jadi jangan pernah mengambil risiko dengan jamur liar! Selalu identifikasi jenis jamur dengan benar sebelum mengonsumsinya.

3. Singkong


Singkong liar yang tidak diolah dengan benar mengandung racun sianida. Hanya sekitar 1 mg sianida per kg berat badan saja sudah bisa membunuh manusia. 

Pastikan singkong selalu dikupas, direndam dalam air, dan dimasak hingga lunak sebelum dimakan. Proses tersebut akan menghilangkan sebagian besar kandungan sianida. Jangan pernah mengonsumsi singkong mentah!

4. Sannakji


Sannakji atau bayi gurita hidup bisa menempel di tenggorokan dan menyebabkan seseorang tersedak hingga tewas. Kematian biasanya terjadi karena tentakel gurita yang masih aktif menutupi saluran pernapasan, menghalangi oksigen masuk ke paru-paru.

Jadi demi keselamatan, hindari mengonsumsi sannakji. Lebih baik pilih seafood matang yang aman.

5. Kerang Darah


Kerang darah dari perairan tercemar dapat membawa bibit penyakit mematikan seperti Hepatitis A, tifoid, dan kolera. Kontaminasi terjadi karena kerang mentah terpapar limbah berbahaya. 

Pastikan kerang dimasak hingga matang sebelum dimakan, dan hindari yang berasal dari tempat kumuh. Bersihkan kerang secara menyeluruh dan buang bagian yang rusak sebelum dimasak.

6. Ikan Fugu 


Ikan fugu mengandung racun mematikan tetradotoxin di beberapa bagian tubuhnya, terutama hati dan kulit. Hanya sedikit saja tetradotoxin bisa mengakibatkan kematian dalam 2-24 jam.

Racun ini menyerang sistem saraf, menyebabkan kelumpuhan otot pernapasan hingga korban tidak bisa bernapas. Hanya koki bersertifikat yang boleh mengolah ikan ini. Jangan pernah mencoba memasak fugu jika tidak ahli!

7. Talas


Daun dan batang talas mengandung oksalat yang bisa menyebabkan sesak napas, detak jantung abnormal, kejang-kejang, hingga gagal ginjal jika dikonsumsi. 

Senyawa oksalat bersifat korosif dan menyerang sel-sel dalam tubuh. Hanya konsumsi umbi talas yang aman setelah dikupas dan dimasak. Hindari bagian lainnya.

8. Hákarl


Daging hiu fermentasi ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare akut karena mengandung asam urat dan ammonia. Senyawa tersebut berasal dari proses fermentasi yang kurang sempurna.

Pastikan hákarl sudah difermentasi minimal 6 bulan agar aman dikonsumsi. Lebih baik beli hákarl bersertifikat dari toko makanan daripada membuat sendiri.

9. Ackee 


Buah ackee mengandung racun hypoglycin yang dapat menyebabkan muntah darah, sawan, koma, bahkan kematian. Hanya konsumsi bagian kuningnya setelah buah ini benar-benar matang. 

Bagian lain yang belum masak sangat berbahaya karena hypoglycin dalam kadar tinggi. Racun ini mengganggu metabolisme asam amino esensial dalam tubuh.

10. Elderberry


Hati-hati, beberapa spesies elderberry beracun, terutama bagian batang, daun, dan buah mentahnya karena mengandung alkaloid sambucine. 

Senyawa ini bisa menyebabkan mual, muntah, diare, dan dehidrasi. Pastikan hanya mengonsumsi buah elderberry yang sudah matang dan jenisnya aman. Selalu lakukan identifikasi terlebih dahulu.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang 10 makanan berbahaya yang harus diwaspadai. Informasi tambahan yang kuberikan semoga bisa meningkatkan pengetahuan kita tentang risiko mengonsumsi makanan-makanan ini.

Aku harap kita semua menjadi lebih waspada dan bijak dalam memilih serta mengolah makanan, agar dapat menikmatinya dengan aman tanpa efek samping. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga harimu menyenangkan!

Lebih baru Lebih lama