7 Tempat Wisata Seru di Shanghai yang Keren Abis!

 Hola sobat perantau! Kamu suka traveling dan lagi penasaran sama destinasi seru di Asia Tenggara? Kalo iya, Shanghai wajib banget kamu kunjungi, deh!

Shanghai itu kota metropolitan yang sangat unik dan punya banyak tempat wisata asyik. Aku sih langsung jatuh cinta sama kota ini. Rasanya kehidupan kota ini sangat dinamis, penuh warna, dan bikin penasaran aja gitu. 

{getToc} $title={Table of Contents}


Nah, kali ini aku mau berbagi 7 tempat wisata seru yang bakal bikin perjalanan wisata kamu di Shanghai makin lengkap dan tak terlupakan. Siapin kameramu dan catet baik-baik rekomendasi tempat wisatanya, ya!

1. The Bund

Menurutku, salah satu tempat wajib yang must visit banget saat traveling ke Shanghai adalah The Bund. Lokasinya tepat di tepi Sungai Huangpu, jadi kita bisa menikmati pemandangan sisi tua dan baru kota Shanghai sekaligus. 

Di satu sisi, ada deretan bangunan bergaya art deco yang sangat klasik dan instagenic. Di sisi lainnya, ada pemandangan pencakar langit modern kawasan Pudong yang spektakuler. Suasana romantis nan magis ini jadi salah satu daya tarik utama The Bund. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi The Bund adalah pagi hari atau sore hari saat sunset. Kamu bisa berjalan santai menyusuri tepian sungai sambil mengabadikan momen indah ini. Jangan lupa bawa payung ya, soalnya di Shanghai sering turun gerimis tiba-tiba.

2. Nanjing Road

Destinasi selanjutnya adalah Nanjing Road, ini adalah surga belanja utama para shopaholic saat berkunjung ke Shanghai. Sepanjang jalan ini dipenuhi dengan butik ternama, toko oleh-oleh, dan pusat perbelanjaan megah bertingkat. 

Suasana ramai dan lampu warna-warni Nanjing Road saat malam hari juga patut dicoba lho. Kita bisa berjalan kaki menyusuri trotoar lebar sambil melihat keramaian khas Shanghai. Rasanya seperti sedang jalan-jalan di Times Square, tapi versi Chinanya. 

Oh iya, sejarah pembentukan Nanjing Road ini cukup menarik. Dulunya Inggris membuka perdagangan di Shanghai usai Perang Candu dan membuat Nanjing Road menjadi pusat bisnis & perdagangan utama kota ini hingga sekarang.

3. Kawasan Pudong

Kalau kamu berkunjung ke Shanghai, jangan lewatkan momen untuk bertandang ke kawasan Pudong ya sobat. Ini adalah kawasan bisnis modern yang dibangun pemerintah China di tahun 90an. 

Hanya dalam waktu 30 tahunan, Pudong yang dulunya desa nelayan kecil bertransformasi menjadi pusat finansial dengan pencakar langit membentang. Pemandangan skyline Pudong ini benar-benar awesome dan futuristic abis! 

Salah satu landmark ikonik Pudong adalah Shanghai World Financial Center. Kamu bisa naik ke observatory di lantai 101 untuk menyaksikan pemandangan kota Shanghai dari ketinggian 492 meter lho. Seru banget!

4. Taman Yuyuan

Destinasi selanjutnya adalah Taman Yuyuan. Ini adalah taman dengan gaya arsitektur tradisional China yang sangat indah. Lokasinya berada di pusat kota Shanghai. 

Taman Yuyuan dibangun oleh pejabat kaya keluarga Pan pada masa Dinasti Ming ratusan tahun lalu. Mereka menghabiskan 18 tahun untuk menyelesaikan pembangunan taman ini. 

Di dalam taman, ada kolam ikan, batu-batu artistik, tanaman hijau, serta bangunan-bangunan kuno nan artistik. Pokoknya ini tempat yang pas banget buat healing sambil menikmati suasana asri ala China kuno.

5. Xin Tian Di

Xintiandi ini nih salah satu landmark paling terkenal di Shanghai deh menurutku. Letaknya strategis di pusat kota Shanghai. 

Keunikan Xintiandi terletak pada arsitekturnya yang memadukan gaya Shikumen klasik Shanghai dengan eksterior modern. Shikumen itu rumah tradisional warga Shanghai yang unik dan langka. 

Selain itu, Xintiandi juga dipenuhi kafe-kafe elite, bar dan klub malam mewah, restoran kelas atas, serta butik branded ternama. Pokoknya kita bisa habiskan waktu seharian di sini untuk bersantai dan berbelanja!

6. Tianzifang

Nah kalo kamu mau merasakan suasana Shanghai jaman dahulu, aku rekomendasikan mampir ke kawasan Tianzifang. 

Dulunya kawasan ini adalah perumahan darurat yang sempit. Kini sudah bertransformasi jadi kawasan wisata belanja yang sangat unik dan arsitekturnya kental dengan gaya Shanghai lama. 

Di sini banyak mural dan patung-patung artistik. Selain itu, banyak pula galeri seni, butik-butik indie, kafe & resto kekinian dengan desain interior yang instagenic abis. Pokoknya sayang banget kalo melewatkan tempat ini!

7. People Square's (Renmin Guangchang)

Destinasi terakhir adalah People's Square. Ini adalah alun-alun raksasa yang dikelilingi oleh pusat pemerintahan Shanghai. 

Di sini kita bisa melihat keramaian warga Shanghai yang berolahraga, bersantai, main catur, joget, praktik senam Tai Chi, dan masih banyak aktivitas seru lainnya. 

People's Square juga dikelilingi museum dan pusat seni Shanghai. Jadi kita bisa mampir untuk melihat koleksi seni kontemporer karya perupa China ternama di sini. 

Nah, itu dia rekomendasi 7 tempat wisata wajib dan seru banget di Shanghai dariku. Semoga informasi ini bisa memperkaya pengalaman liburan kamu ke Shanghai ya, sobat. Have a great trip!

Lebih baru Lebih lama