Cara Memilih Durian yang Enak Dikonsumsi

Pernahkah kamu bingung memilih buah durian yang berkualitas saat musim durian tiba? 

Tenang saja, di sini aku akan berbagi tips memilih dan mengonsumsi durian dengan bijak berdasarkan pengalamanku sebagai pecinta durian sejati selama lebih dari 10 tahun. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


Durian adalah buah ikonik yang banyak digemari di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah berduri ini memiliki cita rasa dan aroma yang unik dan kuat. Bagi sebagian orang, baunya yang tajam bahkan terasa menyengat. Namun bagi penggemarnya, durian adalah surga dunia yang wajib dinikmati saat musim tiba. 

Nah, berikut ini adalah 5 tips khusus dariku untuk memilih dan mengonsumsi durian dengan bijak:

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Pilih durian matang sempurna

Cara pertama untuk mendapatkan durian berkualitas adalah memastikan buah yang dipilih sudah matang sempurna. Ciri durian matang yaitu kulitnya berwarna kuning kecoklatan, duri-durinya sudah agak melengkung keluar, dan saat diketuk bunyinya terdengar hampa. Durian mentah atau setengah matang biasanya rasanya pahit dan teksturnya keras seperti kayu. 

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan pada durian matang jauh lebih tinggi dibanding durian mentah. Oleh karena itu pastikan memilih durian yang matang total agar kita bisa menikmati rasanya yang legit dengan tekstur lembut serta mendapatkan kandungan nutrisi terbaiknya.

2. Cari tahu jenis unggulan

Selain tingkat kematangan, kualitas durian juga sangat ditentukan oleh jenisnya. Beberapa jenis durian unggulan dengan rasa paling enak yaitu Musang King, Black Thorn, dan Red Prawn. Ketiga jenis ini berasal dari Malaysia dan dikenal memiliki kandungan daging yang sangat tebal dan rasanya yang manis legit serta harum. 

Harganya memang bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kg karena termasuk jenis durian elit. Meski agak menguras kocek, aku sangat merekomendasikan untuk mencoba durian jenis unggulan ini paling tidak 1-2 kali selama musim berlangsung. Hal ini karena pengalaman makan durian akan jauh lebih maksimal dan tak terlupakan jika mencicipi jenis durian premium. 

3. Beli langsung dari petani


Cara lain mendapatkan durian berkualitas adalah membelinya langsung dari kebun atau petani. Dengan membeli langsung dari sumbernya, kita bisa memilih sendiri durian mana yang diinginkan dan memastikan mendapatkannya dalam kondisi segar karena langsung dipetik dari pohonnya. 

Durian hasil petikan langsung tentu memiliki kualitas dan cita rasa terbaik karena belum mengalami kerusakan selama pengangkutan dan penyimpanan. Harga beli langsung dari petani juga biasanya jauh lebih murah dibanding membeli di pasar atau toko buah. Aku sendiri sangat merekomendasikan untuk beli durian langsung ke petani saat musim tiba karena kualitas dan harganya selalu oke.

4. Beli secukupnya dan jangan berlebihan

Meski enak dan menggiurkan, kita harus waspada untuk tidak kebanyakan makan durian karena berpotensi memberikan efek samping pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. 

Menurut para ahli, idealnya konsumsi durian hanya 2-3 biji per hari dengan total berat sekitar 200-300 gram saja agar aman dikonsumsi. Ini dilakukan agar kita bisa menikmati rasanya tanpa berisiko kena masalah kesehatan seperti sakit perut, sembelit, atau kenaikan berat badan drastis. 

Oleh karena itu, saat membeli durian sebaiknya belilah secukupnya sesuai kebutuhan dan jangan borong berlebihan agar tidak tergoda makan durian berlebihan setiap harinya.

5. Minum banyak air putih

Lengkapi makan durian dengan minum air putih dalam jumlah banyak, sekitar 8-10 gelas sehari. Ini sangat penting dilakukan karena durian bersifat panas dan cenderung meningkatkan suhu tubuh, sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi jika tubuh kekurangan cairan. 

Dengan minum air putih dalam jumlah banyak selama atau setelah mengonsumsi durian, tubuh akan tetap terhidrasi sehingga terhindar dari masalah kesehatan akibat dehidrasi seperti mulut kering, tenggorokan gatal, sakit kepala, dan sebagainya. Jadi, siapkan botol air minum setia di sampingmu saat menikmati buah raja ini!

Nah, itu dia 5 tips khusus plus elaborasi lengkap dariku untuk memilih dan mengonsumsi durian dengan bijak agar kamu bisa menikmati buah favorit ini dengan aman dan maksimal. Semoga tipsnya bermanfaat ya! Selamat menikmati surga dunia durian!

Lebih baru Lebih lama