Awas, Hindari Tren Semangka Goreng TikTok ini!

    Belakangan ini, resep semangka goreng tengah viral di TikTok. Banyak orang mencoba menggoreng buah semangka dengan berbagai kreasi topping. Lantas, apakah menggoreng buah yang mengandung banyak air seperti semangka baik untuk kesehatan? Yuk simak bersama!

Sebagai pengguna aktif TikTok, aku sering melihat resep-resep unik yang beredar di sana. Beberapa waktu lalu, resep semangka goreng jadi tren dan banyak dibuat oleh para kreator konten. Penasaran, aku pun mencari tahu cara membuatnya.

{getToc} $title={Table of Contents}

Resep Semangka Goreng Viral

Ternyata, proses menggoreng semangka cukup sederhana. Berikut resep dan cara membuat semangka goreng ala TikTok:


Bahan-bahan:

  • Semangka
  • Tepung terigu 
  • Telur
  • Gula halus
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Potong semangka berbentuk dadu atau segitiga, buang bijinya
  2. Campurkan tepung terigu dan putih telur hingga menjadi adonan
  3. Celupkan potongan semangka ke adonan tepung 
  4. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan
  5. Angkat dan tiriskan semangka goreng
  6.  Taburi gula halus di atasnya sebagai topping
  7. Sajikan semangka goreng selagi hangat


Hasilnya, semangka bertekstur renyah di bagian luarnya namun tetap berair dan segar di dalam. Sensasi makannya unik karena perpaduan rasa manis, gurih, dan segar dalam satu gigitan.

Menurut beberapa orang yang sudah mencoba, rasanya cukup enak. Teksturnya yang renyah seperti gorengan, ditambah manisnya topping cocok untuk camilan. 

Namun tentu saja, menggoreng buah yang mengandung banyak air seperti semangka berpotensi tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan.

Manfaat Semangka Goreng


Menurut ahli gizi Inge Permadhi, tidak ada manfaat gizi spesifik dari menggoreng semangka. Justru nutrisi sehat dalam buah bisa berkurang karena proses penggorengan. 

Terlebih, semangka goreng mengandung lemak jenuh dari minyak goreng yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu masalah kesehatan seperti penyumbatan pembuluh darah.

Oleh karena itu, semangka goreng sebaiknya hanya dikonsumsi sesekali saja sebagai camilan atau dessert. Lebih baik makan semangka segar sebagai buah yang menyegarkan dan mengandung vitamin serta mineral yang melimpah.

Kandungan air dalam semangka mencapai 90% sehingga sangat menyegarkan tubuh. Semangka juga kaya antioksidan seperti likopen, vitamin C, vitamin A, dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung, kulit, mata, dan metabolisme tubuh.

Secara pribadi, aku rasa tidak ada salahnya mencoba semangka goreng untuk sekadar ikut tren di TikTok. Namun pastikan untuk menjaga porsinya agar tidak berlebihan mengonsumsi gorengan dan tetap makan buah segar setiap hari demi kesehatan tubuh.

Semoga artikel ini bisa memberi wawasan mengenai tren semangka goreng di TikTok ditinjau dari sisi gizi dan kesehatan. Meski terlihat menarik, kita tetap harus bijak dalam memilih makanan agar nutrisi seimbang terjaga. Bagaimana pendapatmu tentang semangka goreng? Feel free to comment ya!

Lebih baru Lebih lama