Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela yang Enak dan Tidak Amis


    Apa sih makanan favoritmu saat Lebaran? Kalau aku pribadi, selalu menantikan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela di meja makan. Rasanya yang unik berkat perpaduan kentang, ati ampela, dan sambal bumbu cabai ini bikin lidah bergoyang! 

Mau tahu gimana cara bikin Sambal Goreng Kentang Ati Ampela yang enak dan nikmat? Yuk simak resep lengkapnya di bawah ini:

{getToc} $title={Table of Contents}

Bahan-bahan:


- 300 gram kentang, kupas dan potong dadu
- 200 gram ati ampela ayam, bersihkan dan potong dadu
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 5 buah cabai merah, haluskan
- 3 buah cabai rawit (sesuai selera)
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, memarkan
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdt gula merah sisir
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:


1. Goreng kentang yang sudah dipotong dadu hingga matang dan kecoklatan, sisihkan. Pastikan menggorengnya dengan minyak panas agar kentang matang merata dan renyah.

2. Rebus ati ampela dengan daun salam dan serai hingga empuk dan matang sempurna. Gunakan panci tertutup agar proses perebusan lebih cepat. Tiriskan dan potong dadu. Rendam sebentar dalam air jeruk nipis agar tidak berbau amis.

3. Tumis bumbu halus bawang putih dan cabai hingga harum. Masukkan serai dan daun salam. Pastikan menumisnya dengan api sedang agar bumbu tidak gosong.

4. Tambahkan gula merah, garam dan merica. Aduk rata. Perbandingan gula dan garam yang pas akan membuat rasanya balancad.

5. Masukkan kentang dan ati ampela goreng. Aduk hingga tercampur bumbu. Pastikan seluruh bagian kentang dan ati ampela terlumuri bumbu. 

6. Tambahkan kecap manis dan aduk kembali hingga rata. Tes rasa. Tambahkan garam atau gula jika dirasa masih kurang pas.

7. Sajikan sambal goreng kentang ati ampela selagi hangat bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Hidangkan dengan kerupuk untuk tekstur renyah.

Tips Memasak

Sambal goreng kentang ati ini sangat cocok dihidangkan pada momen spesial seperti Lebaran, imlek, atau perayaan lainnya. Rasanya yang gurih dan pedas membuat lidah bergoyang. Bisa dinikmati bersama ketupat atau lontong.

Kentang yang digoreng kering akan membuat teksturnya renyah. Sementara ati ampela yang empuk dan tak berbau amis berkat direndam jeruk nipis. Kunci kelezatan sambal goreng ini ada di bumbu halusnya. Perpaduan bawang putih, cabai, dan rempah lainnya yang ditumis hingga matang akan mengeluarkan aroma harum yang menggugah selera.

Sambal goreng kentang ati ini bisa kamu modifikasi dengan menambahkan bahan lain seperti udang, telur puyuh, tempe, atau tahu. Agar lebih berwarna dan menarik penampilannya. Jangan lupa tambahkan cabe rawit utuh jika ingin rasa pedas menggigit.

Semoga artikel ini bisa jadi inspirasi untukmu menciptakan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela versimu sendiri di rumah. Dijamin seisi keluarga pasti suka! Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Lebih baru Lebih lama