7 Tips Ampuh Hemat Uang Liburan ke Bali, Budget Aman!


Hai Sobat Traveler, liburan impian ke Bali sudah di depan mata nih! Pasti kamu sudah tidak sabar ingin segera menikmati pesona alam serta budaya Bali yang luar biasa. Tapi tentu kamu juga ingin menghemat pengeluaran selama liburan agar budget tetap aman kan? 

Tenang, berikut ini aku berikan 7 tips jitu yang terbukti ampuh untuk traveling hemat ke Bali berdasarkan pengalamanku sebagai backpacker. Tips-tips ini dijamin bisa membuatmu menikmati liburan seru sekaligus menjaga budget tetap stabil!

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Pilih waktu sepi pengunjung


Cara pertama hemat liburan ke Bali adalah memilih waktu yang tepat, yaitu saat sepi pengunjung atau low season. Umumnya, liburan ke Bali akan sangat ramai pengunjung dan harga tiket pesawat serta akomodasi akan melambung tinggi pada bulan Juli hingga Agustus dan Desember hingga Januari. Ini dikarenakan banyaknya liburan sekolah dan perayaan tahun baru.

Maka dari itu, datanglah berlibur ke Bali pada bulan April hingga Juni atau September hingga November saat harga tiket pesawat dan kamar hotel jauh lebih terjangkau. Suasana Bali juga tidak terlalu padat sehingga lebih nyaman untuk berwisata. Kamu bisa menikmati destinasi tanpa terlalu banyak mengantri.

2. Manfaatkan promo transportasi

Cara kedua hemat liburan Bali adalah memanfaatkan promo transportasi baik tiket ke Bali maupun saat di dalam Bali. Rajin mengecek promo maskapai penerbangan ke Bali di website-website resmi maupun agen perjalanan. 

Biasanya banyak promo menarik pada event-event tertentu seperti tahun baru Imlek, libur nasional, atau awal tahun. Bandingkan harga tiket di beberapa website untuk mendapat harga termurah. 

Untuk transportasi darat, sewa motor di Bali juga biasanya ada potongan harga di beberapa penyedia rental tertentu. Jangan ragu untuk bertanya dan membandingkan harga sewa.

3. Pesan akomodasi jauh-jauh hari 


Cara ketiga hemat liburan Bali adalah memesan akomodasi jauh-jauh hari sebelum tanggal kedatangan. Harga kamar hotel, hostel, homestay, atau penginapan lainnya cenderung naik drastis menjelang tanggal check in.

Maka, pesan akomodasi wisata minimal 2-3 bulan sebelum tanggal kedatangan untuk mendapatkan harga kamar yang lebih terjangkau. Bandingkan harga penginapan di beberapa website untuk mendapat penawaran terbaik.

4. Makan di warung lokal

Cara keempat hemat liburan Bali adalah makan di warung makan lokal. Harga makanan di warung penduduk jauh lebih murah dibandingkan restoran atau kafe di tempat wisata yang menyasar turis. 

Tanyakan rekomendasi tempat makan enak dan murah ke penduduk setempat atau cari info di grup perjalanan. Atau datang ke pasar malam yang menjajakan aneka kuliner lokal dengan harga terjangkau.

5. Gunakan transportasi umum atau sewa motor

Cara kelima hemat liburan Bali adalah memilih kendaraan transportasi yang hemat biaya. Gunakan angkutan umum seperti bus untuk bepergian antar kota. Atau jika ingin lebih fleksibel, sewa motor saja sudah sangat membantu untuk keliling dalam kota. 

Biaya sewa motor hanya 50-100 ribu rupiah per hari, jauh lebih murah ketimbang sewa mobil. Pastikan menggunakan helm dan berkendara dengan hati-hati ya!

6. Cari penginapan alternatif 


Cara keenam hemat liburan Bali adalah mencari alternative penginapan selain hotel bintang 5. Hotel non-bintang atau guest house biasanya jauh lebih murah.

Pastikan membaca review dari pengunjung sebelumnya sebelum booking agar mendapatkan akomodasi yang nyaman meski murah. Tinggal bersama lokal juga bisa mendapat info wisata otentik.

7. Bawa bekal makanan

Cara ketujuh hemat liburan Bali adalah membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bawa makanan ringan dan air minum dari rumah untuk dimakan di pesawat atau bandara. 

Selain menghemat budget, ini juga mengurangi sampah plastik di tempat wisata Bali. Bekal yang awet seperti roti, buah, dan air minum sangat membantu mengurangi pengeluaran.

Nah, itu dia 7 tips jitu hemat uang saat liburan ke Bali favoritku berdasarkan pengalaman. Dengan perencanaan dan persiapan matang, kamu bisa menikmati liburan impian ke Bali tanpa perlu khawatir budget meledak.

Selamat berpetualang dan jangan lupa oleh-olehnya ya! Semoga dompetmu tetap sehat saat pulang nanti. Share pengalaman seru liburan hematmu juga di kolom komentar ya!
Lebih baru Lebih lama